Tangga Rumah yang Ideal

Tangga untuk rumah tingkat, mengapa penting? Tentu saja, jika anda mendambakan keluarga besar atau ruang yang luas untuk berbagai aktivitas anda, tapi hanya memiliki rumah tipe 45 atau tipe 60 padahal luas lahan anda tidak lebih dari 100m2.
Kebutuhan akan tangga rumah tingkat tidak akan lepas dari kebutuhan akan tangga yang berfungsi sebagai sarana yang menghubungkan bagian rumah di lantai bawah dan lantai atas.
Tangga yang ideal untuk tangga rumah bertingkat anda, harus memenuhi syarat keamanan, kenyamanan dan estetika. Memenuhi syarat keamanan berarti memiliki konstruksi yang kokoh sehinggamampu menampung beban manusia yang menggunakan tangga.
Sebuah tangga dikatakan aman, juga bila dapat meminimalisir kecelakaan pengguna saat menapakinya.
Bagaimana dengan kenyamanan? Tiap orang termasuk anda tentunya memiliki standar yang berbeda tentang kenyamanan. Secara umum, aspek kenyamanan diukur dari kemudahan dan rasa nyaman saat anda menaiki atau menuruni tangga.
Tangga yang tidak nyaman akan membuat anda lebih cepat lelah, karena membutuhkan energi banyak saat naik dan turun. Selain itu, tangga yang terlalu sempit juga akan mengganggu sirkulasi gerak anda.
Jika kedua hal tadi sudah terpenuhi, anda tingal memberikan perhatian lebih pada proporsi ukuran dan dimensi tangga agar memenuhi persyaratan ketiga yaitu estetika.
Menurut Johanna Erly W dari redaksi Serial Rumah (Gramedia), ada beberapa elemen yang perlu anda perhatikan sebelum anda merencanakan membuat tangga yaitu :
  1. Jumlah atau berat beban yang dipikul.
  2. Jenis tangga berdasarkan fungsi .
  3. Jenis material yang akan digunakan.
Beban tangga dapat dihitung dari dua hal yaitu beban mati dan beban hidup. Beban mati yaitu berat dari material tangga dan finishingnya (beban konstruksi). Beban hidup yaitu beban yang dihitung dari semua yang akan melewati tangga. Adapun syarat beban yang ideal untuk tangga adalah 300 kg/m2 (meliputi beban konstruksi dan beban orang).
Kebutuhan akan fungsi tangga rumah tingkat akan optimal jika kita memiliki desain yang tepat. Karena itu, penting sekali jika anda memiliki data kebutuhan sebagai berikut :
  1. Siapa saja yang akan menggunakan tangga. Tangga yang digunakan untuk anak-anak dan manula membutuhkan pengamanan khusus.
  2. Apa saja yang dibawa saat menaiki tangga. Hal ini untuk mengetahui lebar tangga yang dibutuhkan sehingga dapat memuaskan aktivitas anda.
  3. Seberapa sering tangga itu digunakan. Jika merupakan satu-satunya akses menuju lantai atas maka harus diletakkan di tempat yang mudah dijangkau untuk semua. Jika hanya digunakan untuk kegiatan servis, misalnya untuk kebersihan dan pemeliharaan rumah, maka posisinya diletakkan di ruang servis saja tidak harus di ruang utama rumah.
Ada 2 aspek yang perlu anda perhatikan saat merancang tangga rumah tingkat anda,  yaitu :
  1. Aspek struktural. Hal ini akan sangat dipengaruhi oleh struktur yang mendukungnya. Pilihan material yang dapat anda gunakan yaitu kayu, beton, besi dan baja.
  2. Aspek arsitektural. Pilihan model dan desain tangga rumah anda, harus sesuai dengan arsitektural rumah anda secara keseluruhan. Sehingga tangga rumah anda tidak hanya berfungsi sebagai sarana penghubung lantai bawah dan atas, tapi juga menambah keindahan rumah anda.
Tidak mudah menggabungkan 2 aspek ini, tapi untuk sebuah hunian dengan tangga rumah cantik yang aman, nyaman dan berestetika, siapa sih yang tidak mau ? Anda pun pasti mau……
Posted by Fardhani